Menu

Cara nambang bitcoin dengan GPU menggunakan software GUIMiner

Cara Nambang Bitcoin

Cara Nambang Bitcoin Dengan GPU – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menambang bitcoin dengan GPU menggunakan sofware GUIMiner, GUIMiner adalah frontend grafis untuk penambangan Bitcoin, yang menyediakan cara mudah untuk mengoperasikan penambang Bitcoin dari antarmuka grafis. GUIMiner mendukung kartu grafis AMD dan NVIDIA, juga CPU mining. Anda dapat memilih antara pooled mining dan solo mining – perangkat lunak ini menyertakan daftar mining pool untuk dipilih.

Fitur GUIMiner

  • Supports “worker” lebih dari satu.
  • Menyimpan konfigurasi dan pasword login.
  • Supports solo mining dan pool mining.
  • Supports OpenCL, CUDA, dan CPU mining.
  • Bisa di Minimize, Hover, atau icon untuk melihat status.
  • Ada fitur penunjukan proses menambang diterima/invalid.
  • Bisa melihat posisi balance akun di pool mining, atau withdraw di pool mining.

Catatan:

  • Pada saat GUIMiner dijalankan pertama kali, software akan secara otomatis mencoba mendeteksi OpenCL yang tersedia. Jika ternyata tidak ditemukan, anda masih bisa menambang bitcoin menggunakan CPU.
  • Pengguna bisa memilih server pool yang telah tersedia didalam interface software. Perhatikan terlebih dahulu server pool mining yang akan digunakan. Termasuk juga dengan konfigurasi host, port, dan address wallet bitcoin anda. Semua konfigurasi yang dibutuhkan dalam menambang ini biasanya sudah disiapkan panduannya pada setiap pool mining.

Perangkat yang dibutuhkan:

  1. Wallet Bitcoin (Dompet Bitcoin). Jika Belum mempunyai wallet, silahkan tentukan untuk memilih salah satu wallet Bitcoin (dompet Bitcoin) disini: Memulai Dengan Bitcoin
  2. Sotware GUIMiner atau juga yang lain, namun kita kali ini akan menggunakan GUIMiner. Silahkan Download disini
  3. Kartu Grafis, bisa menggunakan AMD, maupun NVIDIA
  4. Akun pool mining. Jika berniat menambang solo mining juga bisa, namun disarankan untuk pool mining. Agar lebih mudah.
  5. Pendingin. Bisa juga menggunakan kipas biasa untuk tambahan. Dan diletakkan didepan PC/Laptop
  6. Operating System (OS), Bisa menggunakan Windows, Linux, atau Mac.
  7. PC atau Laptop
  8. Hardware Monitoring, Dipakai untuk memantau kondisi hardware pertambangan. Yang paling utama, adalah untuk memantau suhu perangkat PC/Monitor anda. Sehingga jika suhu perangkat anda sudah mencapai 70-80 derajat celcius, lebih baik proses menambang dihentikan terlebih dahulu hingga perangkat anda dingin kembali. Jangan memaksakan perangkat anda, karena jika dipaksakan bisa berakibat fatal. Salah satu hardware monitoring ini bisa diunduh disini: Hardware Monitor
  9. Koneksi Internet. Bisa dengan broadband, maupun wifi. Usahakan koneksi anda stabil.

Cara Menambang:

  1. Unduh terlebih Dahulu GUI Miner disini : GUIMiner
  2. Ekstrak GUIMiner tadi di folder yang diinginkan. Bisa diletakkan di desktop atau di lokasi lain.
  3. Catat konfigurasi akun menambang anda pada pool mining yang anda gunakan. Contoh yang digunakan disini, menggunakan “slush pool” di Slushpool.com.
  4. Jika anda belum mempunyai akun di pool mining tersebut, silahkan registrasi terlebih dahulu, kemudian buatlah worker baru.
  5. Simpan username dan pasword anda, kemudian masukkan username dan password pada GUIMiner. Secara umum, setting username dan pasword di mining pool akan nampak seperti dibawah ini. Hanya saja, pada bahasan ini menggunakan server pool di bitcoin.cz.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed